Konsep Dasar Toko Modern Minimarket Ideal harus memiliki Konsep 8P, Konsep 8P yang dimaksud adalah:
1. Place (Tempat)
Konsep dasar pertama yang harus dipenuhi pemilik usaha dalam mendirikan toko modern atau sering dikenal dengan sebutan minimarket adalah lokasi atau tempat yang tepat. Adapun maksudnya adalah konsumen atau pasar sasaran bisa dengan mudah menjangkau lokasi tersebut, baik menggunakan kendaraan sendiri maupun menggunakan kendaraan umum ataupun berjalan kaki.
2. People (Orang/Karyawan)Konsep dasar kedua yang harus dipenuhi pemilik usaha adalah berkaitan dengan sumber daya manusia (SDM). SDM yang kompeten mulai dari level yang paling atas (Manajer), level menengah, dan level bawah sangatlah diperlukan untuk kelangsungan operasional toko modern yang baik.
3. Product (Produk)Konsep dasar ketiga yang harus dipenuhi oleh pemilik usaha berkaitan
dengan produk yang tepat. Produk yang dijual di toko harus benar-benar sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen yang ada di wilayah toko
dibuka.
4. Price (Harga)
Konsep dasar keempat, yaitu harga yang tepat penting dipikirkan oleh para pemilik usaha. Harga yang tepat tidak berarti harus murah. Ukuran tepat bisa diartikan bahwa konsumen merasa puas dengan uang yang dikeluarkan, sesuai harga dan kualitas barang. Karena ia memperoleh manfaat yang sesuai dengan nilai uang yang dikorbankannya agar bisa mendapatkan barang (produk) tersebut.
5. Promotion (Promosi)
Konsep dasar kelima yaitu Promosi penting dilakukan. Produk yang baik, harga tepat, lokasi yang strategis saja ternyata tidaklah cukup. Konsumen memerlukan informasi bahwa produk yang baik, dengan harga yang tepat, telah tersedia di toko. Maka perlu dilakukan promosi yang berfungsi bagaimana konsumen dapat melirik toko yang berjalan.
6. ProfesionalKonsep dasar keenam, Berpikir, bersikap, dan bertindak profesional sangat diperlukan dalam dunia bisnis. Begitu juga dalam bisnis ritel toko modern minimarket. Seseorang dikatakan profesional jika dia tahu benar, mengerti benar, paham benar, dengan apa yang menjadi tugas/kewajibannya serta terampil dalam melaksanakannya. Wajib memisahkan keperluan pribadi dengan keperluan usaha dimulai dengan tertib administrasi keuangan dan lain sebagainya.
7. Parking (Parkir)Konsep dasar ketujug,Ketersediaan tempat parkir yang memadai sangat diperlukan. Tempat parkir
bukanlah sarana pelengkap dalam persyaratan manajemen minimarket, tetapi
merupakan salah satu dari 8 P yang disyaratkan guna
menunjang kenyamanan konsumen berbelanja.
8. Power (Kekuatan Lingkungan)Konsep dasar kedelapan, kekuatan lingkungan sangat penting diperhatikan oleh para pemilik usaha toko modern. Toko Modern atau Minimarket merupakan sistem yang terbuka. Oleh karena itu, kekuatan lingkungan sangat berkontribusi dalam keberhasilan atau kegagalan atas keberadaan suatu minimarket. Ada beberapa kekuatan lingkungan yang dimaksud, di antaranya pelanggan, pemasok, pesaing, pemerintah, masyarakat, dll yang semuanya tidak bisa kita pisahkan satu sama lain dalam bagian dari pengelolaan usaha toko modern yang harus kita jaga.
8. Power (Kekuatan Lingkungan)Konsep dasar kedelapan, kekuatan lingkungan sangat penting diperhatikan oleh para pemilik usaha toko modern. Toko Modern atau Minimarket merupakan sistem yang terbuka. Oleh karena itu, kekuatan lingkungan sangat berkontribusi dalam keberhasilan atau kegagalan atas keberadaan suatu minimarket. Ada beberapa kekuatan lingkungan yang dimaksud, di antaranya pelanggan, pemasok, pesaing, pemerintah, masyarakat, dll yang semuanya tidak bisa kita pisahkan satu sama lain dalam bagian dari pengelolaan usaha toko modern yang harus kita jaga.
No comments:
Post a Comment