Tuesday, October 4, 2016

Konsep Management Minimarket - Ritel Modern



Tugas dan Tanggung Jawab STORE MANAGER

  1. Bertanggung jawab atas semua aktivitas dan rutinitas harian toko minimarket dan semua kejadian yang berhubungan dengan roda bisnis atau usaha toko minimarket
  2. Bertanggung jawab atas semua asset perusahaan yang berada dibawah pengawasan dan semua kelengkapan barang yang ada di dalam toko minimarket atau ritel modern secara berkelanjutan dan tetap
  3. Bertanggung jawab dalam hal ini mewakili perusahaan untuk mengambil semua kebijakan dan keputusan yang berhubungan dengan pelanggan/konsumen, toko/outlet
  4. Bertanggung jawab atas perekrutan, pemberhentian dan juga performance review terhadap team kerja toko minimarket
  5. Melakukan pengaturan shift kerja karyawan sesuai dengan kebutuhan Minimarket
  6. Bertanggung jawab atas kebijakan keuangan toko yang sifatnya untuk kebutuhan operasional toko dengan memberikan pelaporan langsung kepada Owner
  7. Bertanggung jawab atas kebijakan penentuan harga jual dan diskon promo minimarket
  8. Bertanggung jawab atas pendisplayan/pemajangan barang di area toko minimarket dan mempunyai seni/inisiatif serta kreatifitas dalam melakukan pendisplayan/pemajangan barang agar terlihat rapi dan menarik bagi konsumen/pelanggan minimarket
  9. Bertanggung jawab atas stok barang display dan pastikan semua barang yang didisplay/dipajang memiliki nilai keamanan yang tinggi sehingga tingkat kerusakan ataupun kehilangan dapat dihindari
  10. Bertanggung jawab atas peletakan price tag/harga barang dan melakukan pengecheckan dengan konsisten dan berkelanjutan atas semua price tag yang ada
  11. Bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan dan ketersediaan barang di area toko minimarket sehingga terlihat toko yang layak dikunjungi oleh konsumen/pelanggan. TIDAK ADA BARANG KOSONG atau TEMPAT KOSONG diarea pajangan
  12. Bertanggung jawab melakukan ordering atau memberikan advised/masukan/saran kepada buying/bagian pengorderan barang karena lebih mengerti dengan kondisi penjualan barang dan tempat pajangan yang tersedia
  13. Memastikan semua barang/stok barang terdisplay/terpajang dan tidak ada barang yang dibeli/di order tetapi tidak terdisplay/terpajang dan akhirnya tidak terjual. Hal ini akan memberikan dampak negative terhadap barang tersebut dalam kurun waktu tertentu (contoh: expired, rusak kemasan dll)
  14. Bertanggung jawab atas tingkat kehilangan atau kerusakan yang terjadi diakibatkan kesengajaan terhadap segala asset ataupun kondisi barang jualan di toko/outlet
  15. Bertanggung jawab atas pencapaian target penjualan harian, mingguan dan bulanan dengan berkoordinasi langsung dengan semua staf/karyawan dengan menjalankan standar kerja yang benar dalam pelayanan kepada konsumen
  16. Bertanggung jawab dalam kesuksesan menjalankan visi dan misi promosi perusahaan dan mendukung sepenuhnya semua kegiatan marketing yang dibuat untuk diimplementasikan dengan benar (contoh : pemajangan barang promosi beserta kelengkapannya terpasang dengan posisi yang terlihat oleh pelanggan/konsumen)
  17. Bertanggung jawab melakukan survey harga/cek harga pasar barang yang dijual toko/outlet dibandingkan dengan harga pasar competitor/pesaing usaha minimarket sejenis dan terdekat
  18. Melakukan cek harga dengan konsisten dan berkelanjutan disertai laporan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya
  19. Memberikan laporan kepada Pemilik Usaha Minimarket dengan data lengkap dan akurat atas hasil cek harga mingguan yang dilakukan
  20. Pengetahuan produk yang kuat sangat mendukung keberhasilan dalam pencapaian penjualan, karena mengetahui dan memahami kebutuhan pelanggan toko/outlet masing-masing 
  21. Dengan berkelanjutan dan tetap memberikan laporan pertanggung jawaban atas segala aktifitas toko, pencapaian target dan lainnya secara mingguan dan bulanan kepada pemilik usaha minimarket untuk evaluasi kerja dan kebutuhan operational toko

No comments:

Post a Comment